Kepada pengunjung Yang Terhormat

Saya harap anda bahagia dengan postingan di Blog ini. anda senang,saya Melayang

Wednesday 20 June 2012

HIKMAH DARI SEBERANG YANG BERJUDUL “RACUN”

Mbaratkj.blogspot.com sumber pustaka zawiyah

HIKMAH DARI SEBERANG YANG BERJUDUL “RACUN”

Dahulu kala di negri cina, seorang gadis bernama Lili menikah lalu hidup bersama suami dan ibu mertuanya. Belum lama tinggal di rumah itu, lili telah merasa bahwa ia sama sekali tidak bisa akur dengan mertuanyan . mertuanya mempunyai watak yang sangat berbeda banyak kebiasaanya yang menjelekkan lili.

Hari berganti minggu, minggu berganti bulan lili dan mertuanya selalu terlibat dalam perdebatan dan permusuhan. Dan yang membuat keadaan semakin buruk adalah. Menurut tradisi cina, lili harus membungkukkan badan kepada ibu mertuanya dan mentaati semua kehendaknya. Semua amarah dan tidak kebahagiaan di rumah tangga membuat suami lili menjadi tertekan.

Akhirnya lili tidak sanggup lagi menghadapi watak buruk dan sifat diktator ibu mertuanya. Ia memutuskan untuk berbuat sesuatu. Kemudian pergilah ia menemui tuan Huang, sahabat baik ayahnya, yang pekerjaannya menjual berbagai ramuan tradisional. Ia menceritakan masalah yang di hadapinyadan memohon kiranya boleh meminta racun sehingga ia bisa menyelesaikan semu problem yang di hadapinya.

Tuan huang berpikir sejenak lalu berkata”lili , aku akan membantu mu , tapi kau harus mentaati perintahku!!!”

“baik tuan huang, aku akan melaksanakan apa saja perintah mu” jawab lili

Tuan huang pergi ke ruang belakan beberapa menit kemudian muncul dengan sebuah bungkusan di tangannya .

“kau tidak boleh menggunakan racun yang keras untuk menyingkirkan ibu mertuamu, karena orang orang nanti akan curiga. Ku beri kau ramuan yang perlahan lahan akan menimbulkan racun di tubuhnya. Setiap hari siapkan makanan yang lezat , lalu masukkan sedikit ramuan ini ke dalam mangkuknya. Nah, agar tidak membuat orang curiga sepeninggalannya nanti. Mulai sekarang kau harus bersikap manis kepadanya. Jangan berdebat lagi dengannya, taati segala perintahnya , dan perlakukan dia bagai seorang ratu, “kata tuan huang.

Lili sangat senang dan berterimakasih kepada tuan huang. Ia segera kembali ke rumah untuk mulai melaksanakan rencananya. Minggu berganti bulan, waktu terus berjalan dan tiap hari lili menghidangkan makanan khusus untuk ibu mertuanya.

Ingat betul nasihat tuan huang agar tidak bertindak mencurigakan ia lalu mengendalikan amarahnya , mentaati mertuanya , dan memperlakukan seperti ibunya sendiri.

Setelah 6 bulan, keadaan rumah tangga mereka berubah. Lili selalu mengendalikan diri sehingga tidak pernah lagi berdebat, karena ibu mertuanya tampak lebih ramah dan mudah di layani.

Sikap mertua terhadap lili pun berubah, ia mulai menyayangi lili seperti anak kandungnya sendiri. Ia selalu berkata kepada kerabat dan temannya bahwa lili adalah menantu yang paling baik.lili dan mertuannya; satu dengan lainnya, sekarang bersikap seperti anak kandungnya. Suami lili tentu saja merasa bahagia menyaksikan perubahan ini.

Suatu hari lili menemui tuan huang untuk memohon pertologannya lagi, “tuan huang yang saya hormati tolong bantu aku untuk menyelamatkan mertuaku dari racun itu! Ia telah menjadi waanita yang sangat baik. Aku sekarang mencintainya seperti ibuku sendiri. Aku tidak ingin ia mati karena racun yang ku berikan kepadanya.”

Tuan huang tersenyum dan menganggukan kepalanya, “lili, tak ada yang perlu kau khawatirkan. Aku tidak pernah memberi mu racun. Ramuan yang ku berikan pada mu adalah vitamin dan onat kuat untuk memperbaiki kesehatan mertua mu. Racun yang sebenarnya tersimpan dalam pikiran dan sikapmu terhadapnya. Namun, semua racun itu sekarang telah terkikis oleh kasih sayang yang kau berikan kepadanya.”

@#@#@#@#

PERNAHKAH KAU SADARI BAHWA BAGAIMANA MEMPERLAUKAN ORANG LAIN ADALAH BAGAIMANA ORANG LAIN ITU JUGA AKAN MEMPERLAKUKAN MU. ADA PEPETAH CINA BERBUNYI: ORANG YANG MENCINTAI ORANG LAIN AKAN MENDAPATKAN BALASAN CINTA DARI ORANG ITU.

No comments:

Post a Comment

iklan popcash