Kepada pengunjung Yang Terhormat

Saya harap anda bahagia dengan postingan di Blog ini. anda senang,saya Melayang

Monday 7 January 2013

5 bahaya gula bagi tubuh

Jantung

Penelitian yang dilakukan sebuah universitas di Atlanta menemukan, bahwa konsumsi gula pada makanan berakibat buruk bagi jantung. Makanan dengan kadar gula tinggi dapat menurunkan kadar HDL atau kolesterol baik. Lebih lanjut menurut Asosiasi Jantung Amerika, konsumsi gula tambahan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit  jantung, dan stroke.

Berat badan


Makanan yang mengandung gula tinggi juga mengandung kalori yang tinggi. Konsumsi kalori yang terlalu banyak adalah penyebab utama naiknya berat badan dan obesitas. Penambahan gula pada makanan tidak akan menambah nutrisi, melainkan hanya kalori. Asosiasi diet di Amerika menyarankan untuk meminum air putih daripada minuman bergula, serta membatasi penambahan gula pada makanan demi kesehatan dan berat badan yang baik.

Diabetes


Selain menambah berat badan, konsumsi gula juga meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Asosiasi Diabetes Amerika menyarankan untuk membatasi konsumsi gula dan memilih zat lain pengganti gula untuk memberikan rasa manis. Dengan membatasi asupan gula dan memantau kalori dapat membantu mencegah timbulnya diabetes tipe 2.

Kurang energi


Minuman berenergi atau kopi mungkin terdengar sebagai solusi terbaik untuk meningkatkan energi Anda. Namun, kandungan gula yang tinggi di dalamnya justru menghilangkan energi secara drastis begitu gula atau kafeinnya keluar dari sistem tubuh. Anda akan kelelahan dan lebih lapar mengonsumsi makanan tinggi gula namun rendah karbohidrat. Sebagai ganti makanan bergula, pilihlah buah segar atau yoghurt tawar sebagai sumber energi.

Gigi


Menurut Asosiasi Dental Amerika (ADA), makanan dan minuman yang tinggi gula dapat menyebabkan karang dan lubang pada gigi. Gula merupakan makanan bagi bakteri yang memproduksi asam yang dapat membuat lubang pada gigi. ADA menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan dengan gula tambahan, rajin menyikat gigi, dan mengunyah permen karet 20 menit setelah makan untuk mencegah gigi berlubang. (ind) (tty)

No comments:

Post a Comment

iklan popcash