Kepada pengunjung Yang Terhormat

Saya harap anda bahagia dengan postingan di Blog ini. anda senang,saya Melayang

Monday 7 November 2011

Macam Macam Ikan Beracun ass





Macam Macam Ikan Beracun


1. Ikan Buntal / Fugu
Ikan ini sekilas terlihat lucu, tapi di balik kelucuan itu ada kematian. Ikan ini adalah ikan paling beracun kedua didunia

Ikan ini disebut ikan buntel (sebagian mengenalnya sebagai ikan kembung) karena kemampuannya untuk menggembungkan badannya. Huruf kanji untuk penulisan nama ikan ini, jika diterjemahkan secara harfiah berarti “babi sungai”.



2. Ikan Scorpion / Lepu / ikan batu
Stone Fish at AQWA SMC2006.jpg
Salah satu jenis ikan lepu yang paling menakutkan bagi manusia adalah ikan lepu batu. Hampir sebagian besar ikan lepu sangat pandai menyamarkan dirinya. Beberapa jenis ikan lepu termasuk lepu batu sangat umum diperairan yang dangkal atau rataan terumbu yang dangkal, dan mereka biasa menempatkan dirinya diantara batu batuan. Jenis lepu yang menarik seperti lepu ayam atau lepu kupu-kupu sering dijadikan permainan bagi penyelam dengan cara tidak menyentuh duri-durinya.

3. Ikan Beronang
Kelompok ikan beronang juga memiliki duri beracun yang membahayakan yakni duri-duri sirip punggungnya dan duri-duri sirip duburnya. Walaupun racun dari duri ikan ini tidak sefatal duri dari kelompok ikan lepu tetapi sama-sama menakutkan.





4. Ikan Butana

Kelompok lain yang mempunyai duri berbisa adalah kelompok ikan butana (surgeonfishes) yang mempunyai duri sangat tajam setajam silet di pangkal sirip ekornya baik itu sepasang atau 2 pasang yang durinya dapat digerakkan.













5. Ikan Pari
Ikan pari memiliki duri sangat tajam yang dapat melukai sangat fatal. Letak duri ada dibagian ekornya. Kejadian umum terjadi pada orang yang sedang berjalanjalan dirataan terumbu tanpa alas kaki yang memadai dan menginjak ikan ini di bagian ekornya.

Umumnya ikan-ikan karang memiliki alat pertahanan diri seperti duri tajam, mulut yang seperti paruh keras, duri-diri dibagian kepala, gigi yang tajam, walaupun semua ini tidak membahayakan seperi disebutkan sebelumnya tapi tetap harus diwaspadai.




6. Ikan Semilang / lele
http://i275.photobucket.com/albums/jj301/padndak/semilang31.jpg
Ada juga ikan yang mempunyai duri-duri tajam yang beracun di bagian kepala/daerah insang, salah satu nya ikan sembilang, atau ikan lele.








7. Ikan ikan lainnya yang mengandung ciguatera









(klik gambar untuk memperbesar ukuran)

Kemungkinan yang paling membahayakan dari bentuk racun pada ikan adalah ciguatera. Ini adalah racun yang bisa berada pada semua ikan, tatapi mencapai konsentrasi yang paling tinggi pada ikan pemakan segala yang merupakan struktur rantai makanan tertinggi. Racun ini tidak mengakibatkan apa-apa pada ikan itu sendiri, tetapi dapat menyebabkan sakit luar bioasa atau bahkan kematian pada manusia atau hewan ternak lainnya. Racun ini diproduksi oleh dinoflasgelata berukuran kecil yang dinamakan Gambierdiscus toxicus yang hidupnya berkoloni pada permukaan batu, dermaga, bangkai kapal ataupun pada alga (blades of algae). Organisme ini tertelan bersama-sama dengan alga berfilamen oleh ikan herbivor yang kemudian ikan herbivor ini dimangsa oleh ikan predator. Racun ini terakumulasi pada daging ikan terutama pada hatinya dan organ-organ reproduksinya. Di daerah Indo-Pasifik kakap merah yang berukuran besar (Lutjanus bohar) dan belut laut (Gymnothorax javanicus sangat sering mengandung ciguatera dalam dagingnya dan tidak dimakan. Demikian juga dengan ikan-ikan berukuran besar dari kerapu, kakap, tuna, barakuda dan ikan trigger sering terserang ciguatera dan harus benar benar diwaspadai.. Jadi disarankan untuk tidak mengkonsumsi ikan-ikan karang yang berukuran sangat besar yang melebihi ukuran yang umum ditangkap nelayan setempat. Kabar baiknya buat kita, ciguatera tidak terdapat pada ikan ikan pelagik laut dalam dan pada rantai makanan ikan karang yang hidup dilaut relatif dalam.


Semoga info diatas bisa bermanfaat & bisa menjadi peringatan untuk kita agar berhati hati saat berenang di laut...

2 comments:

iklan popcash