Kepada pengunjung Yang Terhormat

Saya harap anda bahagia dengan postingan di Blog ini. anda senang,saya Melayang

Thursday 13 August 2015

AWAS SERING FLU DAPAT MEMICU TERJADINYA POLIP h322j999177



POLIP HIDUNG
Polip hidung ialah pertumbuhan jaringan pada saluran pernapasan hidung atau pada sinus. Polip ialah jaringan yg lembut, tidak terasa sakit dan tidak bersifat kanker. Polip memiliki bentuk seperti anggur yang tergantung pada batangnya. Sinus adalah lubang-lubang kecil berisi udara yang ada di sekitar tulang wajah.
Polip hidung memiliki bentuk dan warna yang beragam. Polip dengan ukuran yg besar dapat menyumbat saluran hidung. Ini bisa menyebabkan terjadinya gejala polip misalnya seperti hidung tersumbat, hidung berair, kesulitan bernapas, gangguan pada indera penciuman dan indera perasa. Sedangkan polip berukuran kecil mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun. Polip tidak meningkatkan risiko penderitanya untuk menderita kanker hidung.
Penyebab Polip Hidung
Hingga saat ini, penyebab dasar tumbuhnya polip masih belum juga belum diketahui. Pertumbuhan polip diduga adalah hasil dari inflamasi akibat alergi, infeksi, asma atau kelainan sistem kekebalan tertentu. Polip hidung bisa memengaruhi siapa saja, tapi lebih cenderung terjadi pada orang dewasa. Beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko menderita polip hidung adalah intoleransi terhadap aspirin, sindrom Churg Strauss, alergi rhinitis, sinusitis, dan fibrosis kistik.
Faktor genetika juga diperkirakan berperan dalam pertumbuhan polip. Seorang anak akan lebih berisiko mengalami polip hidung jika orang tuanya memiliki polip.
Cara Mendiagnosis Polip Hidung
Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada lubang hidung Anda, apakah terdapat polip hidung atau tidak. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan oleh dokter THT. Untuk memastikan diagnosis polip hidung serta letaknya, bisa dilakukan prosedur endoskopi. Selain itu, prosedur CT-scan bisa dijalankan jika memang diperlukan.
Pengobatan pada Polip Hidung
Kortikosteroid bisa digunakan sebagai obat untuk mengecilkan ukuran polip hidung. Obat ini bisa diberikan dalam bentuk tablet, infus, atau semprot. Selain memakai obat-obatan untuk polip hidung, kondisi ini juga bisa dihilangkan dengan cara operasi. Hal ini dilakukan jika polip tidak bereaksi terhadap obat-obatan yang diberikan. Polip hidung memiliki kecenderungan untuk muncul kembali, meski telah melalui pengobatan maupun operasi.

No comments:

Post a Comment

iklan popcash