Kepada pengunjung Yang Terhormat

Saya harap anda bahagia dengan postingan di Blog ini. anda senang,saya Melayang

Monday 7 January 2013

Hewan-Hewan Yang Tetap Hidup Walau di Air Mendidih Atau Membeku



Berikut adalah mahluk-mahluk yang amat sangat tangguh. Bagaimana tidak? Meskipun berada di dalam air yang mendidih atau setelah membeku selama berhari-hari, mereka tetap bisa bertahan-hidup!. Penasaran? Ini dia mereka hewan-hewan yang tetap hidup walau di air mendidih atau membeku:

Katak Pohon Coklat

Katak pohon coklat menghabiskan sebagian besar waktunya dalam keadaan membeku. Jika anda mengabaikan Antartika, belahan bumi bagian selatan memiliki iklim yang lebih dingin bila dibandingkan dengan bagian utara, dan katak pohon coklat dikenal sebagai satu-satunya vertebrata yang mampu bertahan dari keadaan beku. Sebanarnya "ada beberapa hewan lain yang dapat bertahan hidup dalam keadaan beku", termasuk berbagai macam serangga dan juga sebagian kecil reptil dan hewan amfibi seperti Siberian salamander. Akan tetapi katak ini merupakan hewan pertama yang dikenal mampu menghasilkan bahan kimia pelindung yang diperlukan pada kulitnya (Cairan Cryogenic).

Udang Rimicaris Hybisae

Sebuah spesies udang baru telah ditemukan. Yang unik, udang ini sepertinya tidak bisa dimasak karena mampu hidup di dalam air yang mendidih. Dinamakan Rimicaris Hybisae, udang yang satu ini merupakan hasil temuan ilmuwan Inggris saat melakukan ekspedisi di kawasan bawah laut Karibia yang selalu mendidih akibat adanya aktivitas vulkanik. Di kedalaman 5.000 meter, terdapat sebuah mata air vulkanik yang dikenal dengan sebutan 'Black Smoker'. Suhu dalam kawasan tersebut diketahui bisa mencapai lebih dari 450 derajat celcius, yang berarti lebih panas dari air yang mendidih. Meskipun kondisi ekstrim menyelimuti dasar laut itu, namun di setiap sisi karang ternyata terdapat ribuan udang yang mampu bertahan hidup.

Weta

Mereka bisa bertahan setelah membeku selama berbulan-bulan, mereka dapat bertahan setelah kehilangan 99% air dari tubuh mereka disaat mereka membeku. Di saat mereka membeku denyut jantung dan juga otak mereka langsung berhenti, tapi Weta ini tetap hidup.

Cacing Pipa Raksasa

Mereka mampu bertahan hidup hingga ribuan kaki di bawah permukaan air, meskipun air itu berisi dengan cairan limbah beracun. Mereka juga dapat bertahan hidup pada air yang membeku dan juga bisa hidup pada air mendidih.

Beruang Air (Tardigrade)

Beruang air adalah binatang terkuat di dunia, mereka dapat hidup di air yang mendidih (151 derajat celcius) dan juga air yang membeku (-272 derajat celcius). Bahkan dapat bertahan terhadap radiasi 1.000 kali lebih tinggi dibandingkan jumlah radiasi di mana makhluk hidup lain dapat bertahan, ini memungkinkan bahwa beruang air dapat bertahan bila terjadi perang nuklir atau bencana alam lain yang ekstrim. Bahkan beruang air juga dapat hidup selama 120 tahun dalam kondisi kering. Satu lagi hal yang paling mengagumkan, binatang ini dapat hidup pada ruang hampa udara, memungkinkan dirinya bertahan hidup diluar luar angkasa. Oh iya, jangan berpikiran bahwa beruang air sama seperti beruang kutub atau yang lainnya? Beruang air atau dalam bahasa latin biasa disebut dengan tardigrades adalah binatang dengan kaki berjumlah delapan yang memiliki panjang tubuh untuk dewasa adalah 1,5 mm, paling kecil ukurannya 0,1 mm, larvanya berukuran 0,05 mm. Anda memerlukan microskop untuk melihatnya.

No comments:

Post a Comment

iklan popcash