Kepada pengunjung Yang Terhormat

Saya harap anda bahagia dengan postingan di Blog ini. anda senang,saya Melayang

Friday 22 January 2021

PROGRAM DELPHI PENCARIAN FILTER SEKALIGUS MENTOTALKAN (SUM) 5d6asd5a4

 

PROGRAM DELPHI PENCARIAN FILTER SEKALIGUS MENTOTALKAN (SUM) 5d6asd5a4

Oke kali ini ane akan berbagi contoh program delphi cara kerjanya yaitu ketika agan mencari data, nanti sekaligus otomatis mentotalkan atau men SUMkan nilai yang ada didatabase ke Label. Jadi disini bisa tanpa tombol. Jadi studi kasusnya gini

Misalkan ane punya data siswa yang membayar uang sekian. Terus ane mau tau jenis kelamin Laki atau perempuan total bayarnya berapa? Jadi kan ane tinggal ketik L atau P aja di pencarian terus nanti otomais mentotalkan ke Label

Oke langsung aja agan bikin desain kayak gini (untuk di bagian Adoquerynya,data source,databasenya dan Dbgridnya pastikan sudah terkoneksi dengan tepat. Untuk databasenya ane gunakan MS ACCESS)

 

Dibagian edit di klik 1 kali, terus di bagian even >> OnChange di klik 2 kali

 

 

 

Kemudian isi mantranya sepeti ini :

procedure TForm1.ECariChange(Sender: TObject);

begin

 

with ADOQuery1 do

begin

SQL.Clear;

SQL.Add('select*');

sql.Add('from TABEL');

SQL.Add('where JKEL='''+ECari.Text+'''');

open;

end;

 

ADOQuery1.Close;

ADOQuery1.sql.Text:='select SUM(NOMINAL)FROM TABEL where JKEL Like "%'+ECari.Text+'%"';

ADOQuery1.Open;

LTotal.Caption:=ADOQuery1.Fields[0].AsString;

 

ADOQuery1.Close;

ADOQuery1.sql.Text:='select * FROM TABEL where JKEL Like "%'+ECari.Text+'%"';

ADOQuery1.Open;

 

DBGrid1.Refresh;

 

end;

 

end.

 

Udah selesai? Silahkan coba dijalankan gan........................

Jadi ketika agan ketik L di pencarian nanti di dbgridnya muncul yang L aja, terus menjumlahkan / men SUMkan nominalnya ke Label yang ada di bawah dbGrid itu



No comments:

Post a Comment

iklan popcash